
Hai coder! kamu pasti sudah familiar dengan istilah copywriting. Pertanyaannya apa itu Copywriting? Nah disini minco mau share info tentang mengenal copywriting dan kegunaannya buat website. Banyak yang mengira bahwa copywriting hanyalah sebuah tulisan untuk iklan saja. Akan tetapi copywriting dapat memasuki semua lini. Contohnya status kamu, saat kamu membuat status di whatsapp maupun ig dibutuhkan sebuah caption. Nah caption tersebut juga termasuk copywriting.
Tulisan yang kamu buat di status maupun postingan sosial media dapat menarik orang atau tidak. Jika dapat membuat orang tertarik maka copywriting yang telah dilakukan berhasil. Karena pada tujuan utama copywriting sendiri adalah membuat orang terarik pada tulisan kita. Walaupun tulisan tersebut hanya sederhana dan singkat.
BACA JUGA : Bagaimana Cara Anak IT Dapat Duit?
Sebenarnya copywriting itu seberapa penting sih. Nah disini minco akan bedah satu persatu. Dari apa itu copywriting, kegunaan sampai dengan tips menjadi seorang copywriter.
Apa Itu Copywriting?
Copywriting adalah bermain dengan kata kata sehingga memikat audiens untuk membeli. Kenapa orang suka karena orang relate pada tulisan tersebut. Segala sesuatu mengenai prospek/customer. Copywriting berisi bagaimana memahami hati manusia itu seperti apa?
Secara detail apa itu copywriting adalah bagaimana kita menulis sesuatu yang tulisanya bisa membuat itu nempel dan tertarik pada tulisan kita. Tugas copywriting adalah menjadi penghubung antara penjual atau pengiklan dengan pembeli atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, video, atau jenis konten lainnya.
Orang yang membuat copywriting disebut copywriter. Copywriter bertugas membuat copywriting yang bagus untuk konten iklan maupun yang lainnya. Copywriter sendiri biasanya berada di team marketing. Biasanya copywriter membantu tim sosial media dan konten untuk membuat sebuah konten iklan. Selain itu copywriter juga bisa memperbaiki tulisan yang ada di website.
Lalu bagaimana menjadi copywriter yang baik? Di era sekarang belajar menjadi seorang copywriter sangat mudah. Sudah banyak online course seperti Udemy, yang telah menyediakan banyak online course yang membahas tentang topik ini.
Kegunaan
Copywriting berguna untuk menarik orang pada suatu produk. Copywriting sendiri sering dipadukan dengan gambar yang relevan maka akan menghasilkan sebuah konten yang powerfull. Selama ini copywriting sering digunakan pada sosial media untuk promosi produk, konten iklan, marketplace, dan landing page.
Buat website yang menawarkan sebuah produk, maka copywriting menjadi hal yang sangat penting. Bayangkan saja jika kita telah membuat gambar atau video yang bagus akan tetapi copywritingnya kurang maka konten tersebut susah untuk naik bahkan malah tidak bisa. Sebuah copywriting yang menarik banyak orang adalah sebuah copywriting yang mengerti sebanyak banyaknya orang.
Dalam sebuah website kata yang dicantumkan harus mengandung unsur elemen yang mewakili perasaan customer. Website yang bagus memiliki copywriting atau tulisan yang bisa membuat customer betah mengunjungi website anda.
BACA JUGA : Anak IT Gaharus Ngoding! 5 Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT Paling Populer.
Jenis-jenis Copywriting
- Direct response copywriting adalah bentuk konten tulisan yang mengarahkan orang untuk mengklik halaman di sebuah website.
- Marketing copywriting adalah bentuk konten yang menyampaikan informasi penjualan untuk meyakinkan konsumen berupa penjelasan fungsi dan manfaat produk.
- Brand copywriting adalah jenis copywriting yang fokus dalam menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand.
- SEO Copywriting adalah copywriting fokus untuk tampil dalam mesin pencari. Di mana seringkali calon konsumen harus membuka mesin pencari untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk.
- Technical Copywriting jenis ini lebih berfokus dalam memberikan pengetahuan yang mendalam terkait cara kerja suatu produk ataupun layanan. Umumnya, jenis copywriting ini digunakan pada produk kecantikan, teknologi, ataupun produk kesehatan.
Tips Copywriting
- Gaya penulisan harus mewakili produk/jasa dan membaca memahai prospek
- Tulis dalam bentuk percakapan bukan artikel. Seolah olah harus ngobrol seperti ngobrol dua sahabat lama
- Memancing rasa ingin tahu customer. Gunakan gambar/kata kata yang mengundang rasa penasaran.
- Break state adalah cara agar menghentikan kegiatan seseorang, bisa menggunakan cerita menarik. bisa menggunakan quotes
- Melekat dalam pikiran. Buatlah kata katanya lebih simpel. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti.
- Gunakan font yang mudah dibaca. Berikan nafas baca contoh titik, koma.
- Jangan menjual produk tetapi biarkan customer yang membeli. Mengedepankan sebuah benefit bukan fitur.
- Tentukan Who?
- Tentukan target market. siapa customer kita?
- Carilah Why?
- Apa yang terjadi dalam customer, seperti masalah/kesulitan mereka?
- Tuliskan How?
- Cara dapatkan/pakai produk
- Tentukan Why Not?
- Tuliskan kelebihan produk yang tidak dimiliki merk lain
- Who, When, Where?
- Who : Tuliskan atau cantumkan testimonial.
- When Where : Kapan bisa beli produk. Dimana beli produk harus gampang dan cepat. website/whatsapp harus jelas banget.
BACA JUGA : 3 Alasan Kenapa Sulit Dapat Pekerjaan, Padahal Udah Lulus Kuliah.
Nah itu tadi adalah sedikit ilmu tentang apa itu copywriting, kegunaan serta tips menjadi copywriter. Pada intinya copywriting adalah ilmu menulis untuk mendapatkan banyak perhatian dari orang. Dengan adanya desian konten yang bagus dan relevan ditambah copywriting yang okey, maka dapat membuat konten iklan lebih banyak ditonton dan diklik.
Menurutmu apa itu copywriting? Yuk tuliskan pendapatmu di komentar!
Artikel blog yang bermanfaat terkait apa itu copywriting. Untuk menjalani sebuah bisnis harus pakai strategi yang tepat dan baik. Desain Grafis Jakarta merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dimanfaatkan untuk membantu anda membuat desain produk menarik.